Senin, 21 Desember 2015

Jejak Kaki Mahasiswi Semester Akhir



Menjadi seorang mahasiswa, mungkin sebagian dari anda menginginkan gelar tersebut. Tak banyak pula yang bercita - cita mengasah skill tanpa teori. Itu pilihan anda. Buat anda yang ingin menjadi seorang mahasiswa, saya sebagai kakak yang sudah merasakan asam, garam, merica, jahe dan bumbu dunia perkuliahan akan memberi gambaran seperti apa dunia kuliah yang saya jalani. Ini tentang saya, bukan tentang orang lain.

Semester awal.
Kepala masih panas dengan ilmu di jurusan IPA dan pribadi yang belum terjamah hiruk-pikuk perkotaan. Semester ini saya merekam jejak di lantai 3 gedung B kampus tercinta, satu semester langkah saya berputar - putar di situ saja. Flat? Yes!!! FYI, IP (Indeks Prestasi) itu sejenis kumpulan nilai yang merupakan hasil kali dari Nilai ujian dengan sks dan di bagi jumlah sks.
Jika anda mendapat IP pada semester ini di bawah rata - rata tak usah resah apalagi sampai menyalahkan banyak hal, karena jika anda sudah merasakan keresahan maka anda dapat mengetahui hal apa yang harus anda lakukan agar semester depan keresahan anda di ganti dengan keresahan lain. Tapi, jika anda mendapatkan IP nyaris sempurna 4.00 maka keresahan anda adalah bagaimana mempertahankan IP tersebut di semester depan.

Semester tiga
Semester ganjil. Semester angker karena anda harus pintar memanage IP sebaik mungkin sehingga tak akan ada semester 9. Ampyuun bang, adek nggak sanggup banyak semester 😁   hehe :D :v
Rekaman jejak kakiku masih berotasi pada Gedung B tetapi turun satu lantai, ya Lantai 2. Semester ini saya merasakan KHS ( Kartu Hasil Studi ) khs ini kakaknya rapor, mendapat nilai 0 itu berarti KHS saya kotor dengan huruf E ( Error ). Semoga anda tidak mengalami kejadian perih seperti saya, tapi sekali lagi saya katakan, "Keresahan membuat anda memikirkan hal apa yang harus anda lakukan agar keresahan anda teratasi dan ingat, akan ada keresahan lain yang menanti anda".

Semester Lima.
Semester saya mengatasi keresahan di semester tiga, berbagai cara saya lakukan akhirnya saya dapat memprogram semua mata kuliah plus program ulang MK yang dapat E, keresahan saya muncul saat saya harus membuang 2 MK yang merupakan tambahan karena perubahan kurikulum. Semester ini langkah kaki saya mengintari lantai 1 Gedung C & Lantai 2 Gedung B. Keresahan kedua muncul saat harus membagi waktu antara kuliah di semester lima dan semester tiga. Saya resah, tapi seiring berjalannya waktu saya senang. Senang karena di beri kesempatan merasakan euforia kuliah dengan junior😂.  . Buat anda yang pintar, pasti anda belum pernah merasakannya :p

Semester Tujuh
Saya tidak merasakan keresahan sama sekali. Karena saya dapat memprogram semua MK + 2MK yang saya buang di semester lalu. Jejak kaki saya masih di tempat yang sama seperti semester lalu tapi karena 2MK itu maka kaki saya mengintari gedung D di hari yang harusnya menjadi hari libur/weekend.

Tulisan ini bukan untuk sombong betapa (tak) pintarnya saya, tapi untuk anda yang pintar pasti anda tidak pernah merasakan keresahan seperti saya, karena anda memiliki keresahan tersendiri. Semoga saja. karena jika tidak, saya akan prihatin dan menganggap hidup anda sia - sia.

Saya merasakan mendapat IP nyaris sempurna,
Saya merasakan mendapat nilai E di KHS,
Saya merasakan kuliah ulang bersama Junior,
Saya merasakan seperti apa SP ( Semester Pendek).

Saya menulis ini saat kaki saya sedang merekam jejak di gedung terakhir kampus saya (re: Gedung D) karena sebentar lagi kaki saya akan menginjak tanah bukan lagi keramik hasil mbayar SPP tiap semester.

Untuk Anda yang sekarang sedang di bangku sekolah, berpikirlah dengan matang perihal IMPIAN anda di LIMA TAHUN kedepan. AKAN KEMANA? LULUS SMA MAU KULIAH DIMANA? MAU MASUK JURUSAN APA? MAU MODEL PERKULIAHAN SEPERTI APA?. Pertanyaan tersebut harus anda Jawab sendiri sedetail - detailnya, agar kelak anda tidak lagi di resahkan dengan hal tersebut. Saran: Mau seperti apa model kuliah yang anda inginkan, banyak becanda tapi serius atau banyak serius tapi becanda? Ada hal yang namanya tanggung jawab yang harus anda laksanakan yaitu WISUDA tepat waktu. Karena pemikiran orang tua saat nguliahin anaknya cuma itu.

Buat Anda yang sekarang sedang kuliah, berpikirlah dengan matang perihal IMPIAN anda LIMA TAHUN kedepan. Selesai ini MAU LANJUT PROFESI DIMANA? MAU PAKE DIUTNYA SIAPA? ORANGTUA TERUS? SELESAI S1 MAU LANJUT S2 ATAU KERJA? MAU KERJA DIMANA? MAU DI GAJI BERAPA?. Beberapa hal tersebut yang harus anda jawab sedetail mungkin, tentukan Kehidupan anda sendiri. Mengikuti keinginan orang tua itu wajib, tapi ada beberapa hal yang harusnya kita mampu memaparkan kepada ortu tentang keinginan kita dan mereka harus mendo'akan. Hiduplah seperti apa yang anda inginkan selama masih di jalan yang lurus.

Buat anda yang berada di luar kedua area diatas, tentukanlah APA IMPIAN ANDA LIMA TAHUN KEDEPAN?

HIDUPLAH DENGAN IMPIAN ANDA,
HIDUPLAH DENGAN BEBAS,
HIDUPLAH DENGAN KERESAHAN ANDA,
HIDUPLAH DENGAN APA YANG HARUS ANDA PERJUANGKAN.
Insya Allah hidup anda lebih berarti dan tidak sia - sia.

Salam hangat dari Mahasiswi semester Akhir^^

1 komentar: